IWA Blog

MINDFULNESS

MINDFULNESS

Pada suatu pagi yang sibuk seperti biasanya, Maru bangun terlambat, padahal dia sudah menyetel alarm tepat pk. 0700 pagi namun seperti biasanya dia matikan alarmnya lalu tidur-tiduran dulu sebentar yang berlanjut tidur beneran. “OMG! Teriaknya aku telat lagi.”

Dengan terburu-buru dia segera bergegas menuju kantor. Kendaraan agak padat hari itu. Membuat dia tambah kesal. Melihat mobil sodok sana sodok sini. Dia sangat geram dan semua sumpah serapah keluar dari mulutnya, Akhirnya ia tiba di kantor.

Di Kantor, mau masuk lift, antrian Panjang sekali. Dia pun kembali mengomel sana dan sini karena harus mengantri. “Kenapa sih liftnya mati 50%, kenapa sih dibiarkan antrian seperti ini, dan sebagainya dan sebagainya.”

Sampai di kantor ia ditegor oleh atasannya, “Mengapa kamu telat lagi? 2 hari yang lalu kamu alasan karena kamu menabrak mobil orang, sehingga urusan ke polisi, lalu kemarin kamu alasan macet total, hari ini apa lagi alasan kamu? Mengapa kamu tidak mau bangun lebih pagi, siap-siap dengan tenang dan jalan ke kantor dengan hati-hati dan focus to live in the moment? Artinya pikiran, perasaan serta Tindakan diarahkan atau difokuskan pada kejadian yang terjadi di seputar kita pada saat itu ”

LIVE IN THE MOMENT
Being in the present moment atau pikiran dan perasaan serta tindakan berada pada kejadian saat ini dan terjadi di seputar kita. Pikiran kita tidak berada di masa lalu yang mungkin mengecewakan dan membuat kita tertekan atau juga berada di masa depan yang tidak menentu dan membuat kita cemas. Kita hidup di saat ini dan membangun kesadaran diri atas kejadian yang terjadi disekitar kita.

Apakah ini mudah? Jawabannya tidak. Pernah lihat seseorang berjalan dengan HP di tangan dan sambil sibuk melihat WA atau yang lainnya. Atau berjalan tapi pikiran penuh dengan pekerjaan, dan hal-hal lain yang memenuhi pikiran kita, sehingga kita berjalan dengan tanpa sadar.

Kunci dari Live in the moment adalah… Membangun kesadaran… Awareness… Seberapa aware kita dengan kejadian-kejadian yang ada di seputar kita pada saat kita berjalan atau berada di suatu tempat. Ketidaksadaran pada lingkungan dan hal-hal yang terjadi di sekitar kita akan berbahaya bagi diri kita. Jika belum tau silahkan liat di youtube begitu banyak kecelakaan terjadi akibat berjalan sambil menggunakan handphone. Sadarkah kita?

Kalau kita sudah membangun awareness (kesadaran) diri kita, baru kita bisa memperoleh mindfulness (mengerti apa yang terjadi disekitar kita). Mengingat pentingnya Live in the moment ini, mari kita belajar untuk meningkatkan cara agar kita dapat memusatkan perhatian kita (Attention) ke present moment. Live in the moment.

REPETITION IN LIVE
Secara tidak sadar, hidup kita ini selalu berulang. Kita melakukan segala sesuatunya setiap hari secara berulang. Pagi bangun lalu menjalankan aktivitas, jam 12 makan siang. Jam 5-7 malam pulang kantor lalu makan malam begitu seterusnya kehidupan kita berlangsung.

Sadarakah bahwa Repetisi ini menumpulkan kesadaran kita. Seperti “Refleks” kita cenderung melakukan hal-hal yang sama sehingga kita menyadari perubahan-perubahan yang terjadi disekitar kita. Kita berpikir bahwa segala sesuatunya sama. Hal-hal rutin yang kita lakukan semuanya sama.

coba kita perhatikan, usia kita apakah akan terus sama bukankah semakin lama kita semakin tua? Berat badan kita apakah akan terus sama tidak bertambah obesitas? Kesehatan kita apakah akan terus sama, jika kita terus melakukan pola hidup berulang yang kita hidupi sekarang ini?

Kita perlu mengkaji lagi semua hal-hal yang terus berulang di dalam hidup ini. Hal-hal yang tidak berguna seperti main games, melihat sosial media dan berinteraksi dengan jejaring kita, hal-hal yang membuat kita sibuk. Gunakan prioritas dan mulai membangun rencana waktu agar hidup kita lebih sehat lebih terhindar dari masalah. Dan segera sadar jika ada sebuah masalah muncul sebelum itu menjadi masalah besar.

Bagaimana cara meningkatkan mindfulness? Meditasi adalah sebuah cara yang baik untuk meningkatkan mindfulness. Tidak tergantung dengan agama. Ilmu meditasi yang memperhatikan masuk keluarnya napas dan membangun kesadaran diri merupakan sebuah cara yang efektif untuk meningkatkan mindfulness.

”Mindfulness isn’t difficult, we just need to remember to do it.” – Sharon Salzberg

Semoga semua hidup berbahagia. Have a GREAT Day! GC.

Previous Post

GREAT MINDS

Next Post

THE LAST QUARTER

Leave a Comment

mahjong ways gacor

situs slot777 online