Pada suatu ketika ada seorang wanita muda yang membeli biola dari seorang pedagang yang berada jauh dari kota tempat tinggalnya. Ia direkomendasi oleh guru biolanya yang memberinya informasi tentang bagaimana menghubunginya serta biola-biola pilihan yang bisa dibeli oleh wanita tersebut.
Tidak menunggu lama, keesokan harinya ia melakukan percakapan via telefon tentang maksudnya membeli Biola yang baru dari penjual tersebut serta mengutarakan maksudnya agar biola lamanya bisa dibantu untuk dijualkan sehingga ia tidak harus membayar biola barunya secara penuh.
Si penjual itu pun meminta alamat dan no. telp. Setelah itu ia memberikan alamat agar wanita tersebut dapat mengirimkan biola lamanya ke alamat tersebut.
2 hari kemudian, wanita itu dengan terkejut menerima bingkisan biola baru yang dipesannya. Tanpa disertai dengan faktur pembelian dan harga.
Baru setelah 2 minggu kemudian, ia menerima surat dari toko tersebut menyatakan bahwa biolanya laku seharga 1.000 USD sehingga ia hanya perlu membayar selisih dari harga biola baru yang dibelinya sebesar 500 USD. Sungguh harga ini diluar dugaannya.
Sesungguhnya wanita itu semula was-was apakah toko biola itu bisa dipercaya. Apakah biola lamanya itu bisa laku seharga 200 USD atau mungkin lebih murah lagi. Ternyata toko itu serta pemiliknya mempunyai integritas yang luar biasa dan sangat bisa dipercaya.
Wanita itu begitu bahagia dan ia memberikan rekomendasi ke banyak teman-temannya.
Membangun sebuah organisasi yang bisa dipercaya itu tidak mudah. Itu membutuhkan “KUALITAS” yang bisa dipercayai dengan “COMPLIANCE” yang tinggi terhadap Standar (Janji) Mutu yang ditetapkannya. “SERVICE” yang prima / Excellence yang secara terus menerus ditingkatkan dan disesuaikan dengan harapan pelanggan, serta “HARGA” yang pantas / sesuai.
Di tengah Pandemi Corona ini, Kebersihan produk itu merupakan salah satu “KUALITAS” yang utama. Bagaimana organisasi melakukan protokol Kesehatan yang benar, melakukan disinfeksi yang rutin dan serius, pegawainya menggunakan masker serta sarung tangan yang benar itu sangat penting dalam membuat nyaman para pelanggan.
Membiarkan para pelanggan di tempat usahanya tidak melakukan physical distancing, tidak ada acrylic pembatas di meja serta tidak memperhatikan sirkulasi udara membuat pelanggan tidak nyaman dan bisa jadi malahan akan ditinggalkan oleh pelanggan karena “KUALITAS” keamanannya tidak dijaga. Berhati-hatilah.
TRUST ORGANIZATION hanya bisa dibangun jika semua stakeholders, employees bisa ENGAGE atau terlibat penuh membangun organisasinya menjadi organisasi yang bisa dipercaya.
ORGANIZATIONAL TRUST adalah gelombang ke-3 dalam WAVE OF TRUSTnya Stephen R. Covey. Setelah SELF TRUST & RELATIONSHIP TRUST. Artinya untuk mencapainya lebih sulit karena setiap orang yang membangun Organizational trust ini haruslah sudah mempunyai 2 TRUST lainnya.
Disamping itu ORGANIZATIONAL TRUST juga harus membangun TRUSTED PROCESSES yang diyakini, dihayati dan dijalankan dengan disiplin oleh semua anggota organisasi tersebut dengan patuh dan secara terus menerus diperbaiki prosesnya. Sehingga TRUSTED PROCESSES tersebut mampu menghasilkan Kualitas Mutu produk dan servis yang bisa dipercaya.
David K. Williams, CEO & Chairman serta author the 7 non negotiables of winning menulis di Forbes magazines tentang: The Most Valuable Business Commodity: Trust. Menggambarkan betapa pentingnya Trust di dalam sebuah Organisasi. Sayangnya artikel tersebut sudah dihapus oleh Forbes magazines. Namun penulis lainnya juga sama menulis tentang hal ini: https://www.innovationews.com/Trust-The-most-valuable-commodity-in-the-workplace-/
Trust adalah sebuah komoditi yang sangat berharga yang perlu di jaga oleh setiap organisasi. Jangan lengah, terus jaga keamanan dan kualitas pelayanan serta produk kita. Sehat dan Bahagia selalu.
“Trust is the glue of life. It’s the most essential ingredient in effective communication. It’s the foundational principle that holds all relationships.” – STEPHEN R. COVEY
Have a GREAT Day! GC