IWA Blog

The 5 Second Rule

The 5 Second Rule

Masih seputar komitmen dan rencana-rencana yang sudah kita buat untuk tahun ini. Sudah mulai dikerjakan kah? Atau masih muter-muter di permasalahan yang sama seperti tahun lalu dan kita masih penuh perjuangan untuk membuat segala sesuatunya dengan benar…

Jika Anda masih berkutat seperti itu, bisa jadi anda perlu membaca cerita dibawah ini serta mulailah melakukannya. Sebuah cerita dari sebuah buku best seller terkenal “THE 5 SECOND RULE* yang dikarang oleh Mel Robbins. Cara yang relatif mudah untuk dikerjakan… Dimana hanya dibutuhkan keberanian dan disiplin untuk meng”Hack” atau membajak otak kita. Dan menghitung 5 – 4 – 3 – 2 – 1 Dan Go….

Kisah ini dimulai di th. 2009, di saat itu kehidupan Mel Robbins tidak berjalan dengan baik dan berada di puncak kegagalan yang paling tinggi.

Ketika alarm weker berbunyi di pagi hari itu. Hal yang dirasakan olehnya adalah perasaan malas untuk bangun karena rasa takut yang luar biasa menghantui hidupnya. Ia menunda bangun dengan menekan tombol snooze lagi dan lagi dan lagi….

Saat itu Mel merasa menjadi orang yang sungguh-sungguh kalah. Ia menghadapi masalah yang sangat serius menyangkut keuangan, pekerjaan dan pernikahannya.

Mel sebelumnya berganti-ganti pekerjaan cukup banyak hingga akhirnya ia memutuskan untuk membuka restoran pizza dengan meminjam uang yang cukup besar pada bank. Ternyata, Restoran Pizzanya tidak berjalan dengan baik dan memaksanya untuk menutupnya serta meninggalkan hutang bank yang sangat besar.

Problemanya sepertinya terlalu besar untuk dirinya dan ia tidak ada lagi energi untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik.

Tidur merupakan pelarian yang paling terbaik hingga alarm weker dikamarnya menghentikannya dan memaksanya kembali ke realitas hidup.

Ia merasa terperangkap dalam hidupnya, sehingga ia mulai untuk minum-minuman keras. Ia berpikir dan berpikir tentang situasi hidupnya. Namun semakin ia berpikir, bukannya Ia menjadi tenang malahan Ia menjadi semakin ketakutan…

Ia berusaha memperbaiki komitmennya. Ia berkata pada dirinya… Esok hari, aku akan bangun lebih pagi. Aku akan memiliki perilaku yang lebih baik. Aku akan lebih baik pada suamiku. Tidak minum alkohol terlalu banyak. Aku mau berolah raga.

Tapi ketika alarm berbunyi dipagi hari. Kejadian yang sama kembali terjadi. Pemikiran yang memotivasi tersebut diatas tergantikan dengan ketakutan yang sama dan membuatnya tetap saja bangun terlambat.

TRANSITION MOMENT
Suatu pagi, Mel berusaha untuk mengubah perilaku…

Ia masih tetap merasakan perasaan yang sama yang ia sudah rasakan berbulan-bulan: Rasa takut yang luar biasa dan cemas.

Pagi itu ia membuka mata dan memperhatikan detik jam di wekernya yang kecil. Lalu tiba-tiba ia melakukan sebuah cara yang belom pernah dilakukan sebelumnya yaitu: Menghitung mundur (5 – 4 – 3 – 2 – 1) Lalu ia segera bangun sebelum otaknya membunuh pikiran positif tersebut. Ia berhasil melakukannya… Bukannya menekan tombol snooze yang biasa ia lakukan. Hari itu ia bangun melakukan gym dan melakukan aktivitas-aktivitas lainnya.

Apa yang melatar belakangi hitungan mundur tersebut. Malam sebelumnya ia melihat peluncuran roket dan di hitung mundur 5 – 4 – 3 – 2 – 1 dan kemudian roket tersebut meluncur.

Ternyata hitungan mundur ini ajaib. Mampu membajak otak yang kecendrungannya berpikir seperti pola-pola hidup kita sebelumnya.

”The moment you have an instinct to act on a goal, you must push yourself to move within 5 seconds or your brain will kill it.” – Mel Robbins.

Watch the video: https://www.youtube.com/watch?v=nI2VQ-ZsNr0

Sejak saat itu ia rajin di gym, mengurangi alcohol dengan sangat cepat, mencari pekerjaan yang baik dan menjadi istri serta orang tua yang baik.

Dan hebatnya lagi… semakin ia menggunakan prinsip ini di dalam hidupnya. Ia merasa lebih berani, percaya diri, bangga dan mempunyai kontrol diri yang lebih baik. Ia berhasil bukan saja menerapkan prinsip ini pada dirinya… Pada saat ini begitu banyak orang yang terinspirasi dan berhasil dalam hidupnya setelah menggunakan prinsip ini… The 5 Seconds rule.

So… apa lagi yang ditunggu 5 – 4 – 3 – 2 – 1 Go…

Have a GREAT Day! GC

Leave a Comment

mahjong ways gacor

situs slot777 online