Hari ini kita memperingati Hari Pos Sedunia. Barangkali sebagian besar dari kita lupa bagaimana pentingnya peranan kantor pos dan pak pos bagi kita di masa lalu.
Kita lupa mengenang jasa-jasa para petugas pos yang begitu setia dan telaten mengirim pesan, surat dan barang ke alamat tujuan di manapun di seluruh dunia. Bisa dimengerti, karena memang kini jasa pos sepertinya berkurang banyak dengan adanya kemajuan zaman. Sehingga dengan demikian apresiasi terhadap para pekerja pos juga menurun tajam.
Email menggantikan surat-surat yang dikirim melalui Pos dan sosial media dengan kemampuan texting yang luar biasa menambah hilangnya kebiasaan orang berkirim surat. Bahkan perusahaan-perusahaan yang masa lalu banyak mengirim surat ke pelanggannya. Seperti misalnya laporan rekening bank misalnya yang kini sudah di ubah ke pdf dan dikirimkan melalui email.
Demikian juga setiap ada perayaan hari natal, paskah, tahun baru, hari raya Idul Fitri, dsbnya kartu-kartu yang beragam banyak dikirimkan melalui pos pada masa lalu kini sudah jarang terjadi.
Padahal dulu orang mengapresiasi kerja tukang pos, salah satunya dalam bentuk lagu seperti ini: https://m.youtube.com/watch?v=425GpjTSlS4
Kini karena peranan mereka sudah berkurang banyak, orang mulai melupakan jasa-jasa mereka. Hari ini dimana kita merayakan hari pos sedunia mari kita puji SEMANGAT nya, PERILAKU nya yang perlu kita tiru di tempat kerja. Apa saja etos kerja tukang pos yang luar biasa.
1. MENJAGA RAHASIA PELANGGANNYA Tukang Pos banyak sekali berkerja menyalurkan surat-surat dan banyak surat-surat itu yang penting dan bersifat rahasia. Semua ditangani oleh tukang pos secara professional dengan ethos kerja yang tinggi. Mereka mengerti sekali etika bahwa surat-surat yang diantar itu tidak boleh dibuka dan kerahasiaan setiap orang tetap dijaganya dengan baik.
Apakah perusahaan-perusahaan sekarang juga menjaga etika kerja seperti tukang pos tersebut? Yang memandang tinggi etika untuk tidak membocorkan nama, no. telp dan alamat pelanggannya ke perusahaan lain? Bahkan kalau kita mau jujur terkadang ada perusahaan yang menjual data-data pelanggannya tersebut pada pihak lain. Ini tidak sesuai dengan etos kerja tukang pos.
2. KOMITMEN MENYENANGKAN PELANGGANNYA Ingat film Mr. Postman yang dibintangi Kevin Costner yang demi mengatarkan surat dari satu tempat ke tempat lain, Ia merisikokan nyawanya. Semua para pekerja pos itu tau, mereka meregang nyawa dan berjuang demi agar surat-surat yang diamanahkan padanya mampu tiba ditempat tujuan dengan selamat.
Di dalam perusahaan, pasti banyak sekali tantangan-tantangan agar service yang kita berikan bisa diterima oleh pelanggan kita dengan baik. Semua pihak dalam perusahaan tanpa terkecuali harus berjuang dengan susah payah agar service tersebut bisa sempurna sekalipun dengan keterbatasan-keterbatasan yang ada. Sekali lagi, itu bukan kerja 1 orang saja. Tapi kerja dari seluruh anggota team. Salah satu anggota tim sakit, anggota lain akan take over supaya tidak ada masalah di dalam servis.
3. TEPAT WAKTU Tukang pos selalu tepat waktu. Bisa dibayangkan jika kita membayar perangko surat express yang dimaksudkan bisa diterima keesokan harinya ternyata terlambat 1 atau 2 hari? Hal seperti itu tidak pernah atau jarang terjadi bukan? Itu artinya mereka membangun mekanisme kerja dan alignment yang bagus hingga bisa membuat pengiriman sampai tepat waktu tanpa terkendala apa pun.
Membangun servis yang baik di tempat kerja, harus dimulai dengan “ketepatan waktu servis” sebab sia-sia saja jika kita mempunyai servis sebaik apa pun juga tapi terlambat.
4. SIAP BERUBAH Pos kini berada di ujung jalan, berubah atau mati. Sekarang ini Pos dan Telekomunikasi berubah menjadi “KOMUNIKASI” & “DISTRIBUSI” bahkan juga menjadi JASA KEUANGAN. Untuk mengirim uang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan murah dan hemat.
Begitu juga dengan perusahaan, ketika kita tau bahwa eksistensi perusahaan kita tidak lagi menjadi relevan dengan berubahnya zaman, apakah kita juga siap untuk berubah agar bisa survive / selamat?
“When I score I don’t celebrate, its my job, does a postman celebrate when he delivers post?” – Mario Balotelli.
Have a GREAT Day! GC